Jumat, 10 Juni 2016

Tadarussan (1)

#Tadarusan_1
#Taddaburran
#Baitul_Muqarrabbin

"Niat ingsun poso, tutukko sedino sesuk, saking anekaning wulan ramadhan, ing dhalem tahun iki, iki lan tahun, fardhu krono Alloh"

Alhamdulillah, shalat taraweh hari pertama usai, setelah selesai menunggu pengguman dari menteri agama '1 Ramadhan jatuh pada hari Senin 6 Juni 2016' dari Metro-TV, sholat isya'pun dimulai, sama seperti tahun tahun sebelumnya tiap awal bulan puasa mushola dan masjid penuh sesak, jamaah muntah sampai diluar mushola, walau mengunakan alas tikar apa adanya tak mengurangi kekhusukan para jamaah.

Setelah sebelumnya usai sholat Magrib, jamaah 'Mushola Baitul Muqqarrabbiin' baca tahlil bersama menyambut datangnya bulan Puasa Ramadhan. Bapak bapak, ibu ibuk dan adik jamaah tumpah ruah makan bersama sama mengungkapkan rasa suka citanya menyambut bulan suci bagi umat islam.

Riungan "Megenggan" ini mirip dengan tradisi "Maulidan di Banten", perbedaannya kalau dikampung di adakan dengan sangat sederhana meliputi sekitar warga se-RT/RW. Tiap keluarga membawa 'Ambengan' dan dikumpulkan di mushola, setelah selesai dibacakan doa lalu ambengan dimakan bersama rame-rame.

Tradisi "Maulidan di Banten" diadakan dengan sangat megah dan meriah, masyarakat dari berbagai desa tumpah ruah di masjid, mengikuti dengan khidmad acara kelahiran kanjeng Nabi Muhhammad saw. Konon acara ini paling besar dibanding dengan perayaan idul fitri dan idul adha. Masyarakat satu kampung masing masing membawa tumpeng yang sangat besar dan dihias dengan beraneka ragam makanan dari hasil bumi, sebagai ungkapan rasa syukur pada Tuhan YME. Kemudian masyarakat disekitar desa itupun di undang untuk merayakan dan bareng bersama menyantap ambengan dan masih juga dapat berkat yang dibawa pulang. Biasanya ini terjadi terus menerus selama satu bulan dan waktunya di adakan secara bergiliran.

Bulan Ramadhan 1437 H ini tahun ke 7 aku kembali ke kampung halaman, setelah 20 tahun melanglang buana di rantau orang. 4 tahun di Gg. Sao Sri Mukti Tambun Bekasi 1989-1993, kemudian tahun 1993-2009 tinggal di Gudang Areng & Gudang Kopi Anyer Serang-Banten. Semoga bulan puasa tahun ini membawa berkah, seiring usia yang semakin bertambah, semoga senantiasa Alloh swt selalu melapangkan urusan perkara dunia dan akhirat bagi kita semua. ( amin )

"Selamat menunaikan ibadah Puasa Ramadhan!!"

#Baitul_Muqarrobbiin
#beranda_weka_express
#pojok_5_juni_2016_21_00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar